Selamat membaca

Laman

Rabu, 04 Januari 2012

Fungsi Peranan Mahasiswa

Mahasiswa adalah seseorang atau sekelompok orang yang menuntut ilmu di jenjang perguruan tinggi. Perbedaan mahasiswa dengan siswa adalah seorang mahasiswa harus mempunyai social responsibility, yaitu mahasiswa harus peduli terhadap lingkungan sekitarnya.
Seorang mahasiswa dituntut agar dapat melaksanakan dan mengamalkan peran dan fungsi mahasiswa dengan baik dan turut berperan aktif dalam menjaga nilai-nilainya.

1.1 Mahasiswa Sebagai“Iron Stock”
Mahasiswa dapat menjadi Iron Stock, yaitu mahasiswa diharapkan menjadi manusia-manusia tangguh yang memiliki kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya dapat menggantikan generasi-generasi sebelumnya.
Peran dan fungsi mahasiswa ini hanya bisa terwujud jika peran dan fungsi mahasiswa yang lain sudah terlaksana dengan baik. Dalam konsep Islam sendiri, peran pemuda sebagai generasi pengganti tersirat dalam Al-Maidah:54, yaitu pemuda sebagai pengganti generasi yang sudah rusak dan memiliki karakter mencintai dan dicintai, lemah lembut kepada orang yang beriman, dan bersikap keras terhadap kaum kafir.Sejarah telah membuktikan bahwa di tangan generasi mudalah perubahan-perubahan besar terjadi, dari zaman nabi, kolonialisme, hingga reformasi, pemudalah yang menjadi garda depan perubah kondisi bangsa.
1.2 Mahasiswa Sebagai “Guardian of Value”
Guardian of Value adalah penyampai, dan penjaga nilai-nilai kebenaran mutlak dimana nilai-nilai tersebut diperoleh berdasarkan watak ilmu yang dimiliki mahasiswa itu sendiri. Watak ilmu sendiri adalah selalu mencari kebanaran ilmiah. Didalam peran dan fungsi mahasiswa yang ini, seorang mahasiswa diwajibkan untuk dapat menjaga nilai-nilai moral yang ada. Apabila dilingkungan tempat tinggal atau pun tempat menuntut ilmu mahasiswa tersebut terjadi hal-hal yang tidak bermoral, seorang mahasiswa wajib untuk membenahi, merubah, dan meluruskan kembali hal tersebut menjadi hal yang mempunyai nilai moral sesuai dengan nilai moral yang seharusnya.
1.3 Mahasiswa Sebagai “Agent of Change”
Didalam peran dan fungsi mahasiswa yang ini, seorang mahasiswa dituntut agar dapat menjadi agen perubahan. Maksudnya adalah apabila ada sesuatu yang sedang terjadi dan itu salah, mahasiswa harus mampu menjadi orang yang dapat merubah hal tersebut menjadi sesuatu yang benar atau sesuai harapan sesungguhnya.
Sumber:http://miailuphme.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar